UNS Sukses Selenggarakan MTQ UNS II

Musabaqah Tilawatil Qur’an II Universitas Sebelas Maret, Rabu (29/4) resmi dibuka. Bertempat di Ruang Seminar NHIC , pembukaan MTQ UNS diawali dengan pembacaan tilawah oleh Akh. Zulkhifar. Selanjutnya, Akh. Arifin selaku ketua panita memberi sambutan seraya menyampaikan bahwa MTQ UNS ini diselenggarakan untuk menjaring mahasiswa yang akan diikutkan pada MTQMN 2015 di UI, Agustus mendatang. Namun, tujuan utama MTQ UNS II ini adalah untuk menyiarkan AL Qur’an di kampus UNS tercinta. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ketua Umum Ilmu Qur’an 2015, Akh. Rendra Mochtar Habibie dan disambung sambutan oleh Rektor UNS. Bapak Prof. Ravik Karsidi yang sekaligus membuka acara MTQ UNS II “Selamat berkompetisi, semoga Allah memberi barokah” pesan beliau.

Ada 9 cabang lomba yang dilombakan. Di hari pertama ada tilawah,khathil, fahmil, hifzhil 1 juz,d an desain aplikasi komputer. Kegiatan yang berlangsung 29,30 April – 1 Mei ini diikuti lebih dari 125 peserta yang berpusat di Masjid Nurul Huda UNS.

Hari kedua, MTQ UNS II dilanjutkan kembali. Cabang lomba yang dilombakan adalah Tartilil Qur’an, Fahmil Qur’an babak final, Hifdzil Qur’an 5 Juz dan 10 Juz, dan presentasi KTI, serta dipajang pula hasil kaligrafi peserta Khathil Qur’an di depan perpustakaan NHIC UNS. Siapa pun boleh ikut memberi suara atau vote dengan cara menempelkan stiker yang telah disediakan panitia ke kaligrafi yang disukainya.

Sampailah pada penghujung acara yaitu pengumuman hasil lomba sekaligus penutupan MTQ UNS di ruang seminar NHIC. Acara dimulai dengan pembacaan tilawah oleh Akh. Zamzam Abdillah, dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia MTQ UNS II, Muh. Nur Arifin dan sambutan dari Ketua Umum Ilmu Al Qur’an 2015, Akh.Rendra Mochtar Habibie. Di acara penutupan ini juga disampaikan taujih oleh salah satu dewan juri MTQ UNS II, bapak Mahmud. “Kalau kita ingin menegakkan agama Allah, maka Allah akan menjunjung derajat kita.” salah satu isi dari taujih beliau.

Agenda berikutnya adalah pembacaan pengumuman juara 1, 2, dan 3 dari semua cabang lomba oleh Akh. Rendra Mochtar Habibie.” Innalillahi wa innailaihiroji’un. Hanya kepada Allah semua kembali setelah dari apa yang kita usahakan. Menjadi pemenang bukan hanya kegembiraan, tapi juga suatu beban. Karena kita semua adalah agen peradaban Al-Qur’an di bumi UNS.” tutur beliau sebelum membacakan hasil lomba. Juara 1 dari tiap-tiap lomba ini akan diikutkan dalam acara MTQMN 2015 di Universitas Indonesia, bulan Agustus mendatang. Selanjutnya, pembagian sertifikat kepada para pemenang dan ditutup dengan doa oleh bapak Mahmud.

mtg-ravik

Prof. Ravik saat membuka acara MTQ UNS II