Tabligh Akbar Lustrum 8 UNS

Untuk membuka acara lustrum ke 8 Universitas Sebelas Maret Surakarta, Rabu 9 Maret 2016 diadakan Tabligh Akbar bersama Syaikh Ahmad Mishary, Lc. dai dari Al Azhar, Mesir. Acara yang dibawakan oleh Khalid Robbani (MIPA) dimulai pukul 09.00. Acara diawali dengan tilawah oleh Zamzam Abdillah (FP).

Kemudian sambutan oleh Rendra Mochtar Habibie (FIB) selaku ketua UKM IQ 2015/2016. Dan dilanjutkan serah terima jabatan kepada ketua UKM IQ 2015/2016, Dzaki Aminuddin Alfaruqi (MIPA). Disaksikan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, Wakil Rektor I dan Wakil Rektor 3, pembina UKM IQ, dan tentu saja Syekh Ahmad Al Mishri dan seluruh hadirin tabligh akbar ini. Kegiatan semaan dan khataman Al Qur’an ini akan berlangsung sepanjang Rabu – Jum’at, 9-11 Maret 2016. Secara bergantian para Huffadz (Penghafal Al Qur’an) yang merupakan mahasiswa dan dosen UNS akan bergantian membacakan surat demi surat dalam Al Qur’an hingga khatam.

Setelah menandatangani berita acara, rektor memberi sambutan sekaligus membuka acara 40 tahun UNS ini dengan memberikan apresiasi kepada pengisi acara dan semua yang berperan dalam pelaksanaan acara ini. Salah satunya, Syekh Ahmad Al Mishri yang setelah itu memberikan tausyiah. Diawali dengan tabligh akbar bersama Syekh Ahmad Al Mishri yang menyampaikan keutamaan-keutamaan interaksi dengan Al Qur’an. Beliau menganjurkan untuk memuliakan Al Quran dan membuat perjanjian dengan hadirin bahwa satu hari harus membaca lima ayat bersama artinya.

Setelah tausiyah, acara dilanjutkan mengawali pelaksanaan kegiatan semaan Al Qur’an dengan membaca surat Al Fatihah ini oleh Rektor UNS yang dilanjutkan pembacaan 10 ayat pertama dari surat Al Baqoroh oleh Syekh Ahmad Al Mishri. Selanjutnya secara bergantian dibacakan juz pertama dari Al Qur’an oleh Zamzam Abdullah (FP 2013) dan Ahmad Falahudin (FIB/ 2012).

Kegiatan semaan ini telah berlangsung selama dua periode, dan diharapkan bisa menjadi tradisi baik dalam kegiatan dies natalis UNS. Direncanakan Menristekdikti Prof. Mohammad Nasir, Ph.D., AK akan hadir mnutup kegiatan semaan dan khataman Al Qur’an pada Jum’at 11 Maret 2016 lusa.

Jamaah Masjid Nurul huda dan civitas akademika UNS dapat ikut serta menyimak pembacaan kalam suci Al Qur’an ini, untuk jamaah putra bertempat di aula utama, sedang jamaah putri di ruang Seminar Masjid Nurul Huda.