Seminar Nasional Al-Qur’an dan Sains

Surakarta, 9 Maret 2015 –Unit Kegiatan Mahasiswa Ilmu Qur’an Universitas Sebelas Maret kembali menunjukkan eksistensinya di lingkungan universitas maupun di luar universitas dengan menyelenggarakan Seminar Nasional Al Qur’an dan Sains yang dilanjutkan dengan pembukaan semaan dan khatmil Qur’an oleh Huffadz Qur’an UNS. Seminar ini adalah salah satu dari rangkaian Dies Natalis 39 tahun Universitas Sebelas Maret.

Dalam Seminar Nasional Al Qur’an dan Sains ini dihadiri oleh 3 pembicara, yaitu: KH. Imron Rosyadi ZA, Qori Internasional sekaligus Imam Besar Masjid Kasultanan Brunei. Pembicara kedua oleh Dr.Eng.Ir.Syafi’i, M.T., selaku Presidium Takmir Masjid Nurul Huda UNS, yang dilanjutkan oleh Muhammad Syukri, S.Ked, Ketua Puskomnas FSLDK Indonesia.

Seminar yang bertempat di ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS tersebut, membahas mengenai korelasi antara Al Qur’an dengan Sains, atau lebih luasnya adalah dengan ilmu pengetahuan. Ukuran saat ini untuk menggambarkan wujud dari kemajuan peradaban, dilihat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Umat Islam pernah mengalami masa kejayaan, dimana ilmu pengetahuan dikuasai oleh para cendekiawan muslim. Hal ini tidak lain karena kedekatannya para cendekiawan muslim dengan Al Qur’an. Bukan lagi suatu kemustahilan jika umat Islam saat ini mampu meraih kembali masa keemasan tersebut jika Al Qur’an dijadikan landasan dalam setiap aktivitas. Karena orang yang berilmu tanpa dilandasi oleh agama, hanya akan berfikir tentang keuntungan bukan kemanfaatan. Dibahas pula tentang mudahnya menghafal Al Qur’an oleh KH Imron Rosyadi, yang kemudian ditutup dengan pemaparan mengenai ilmu kedokteran yang bersumber pada Al Qur’an oleh Akh Syukri.

Diharapkan dengan adanya seminar ini mampu menambah wawasan dan meningkatkan kecintaan kita terhadap Al Qur’an. Menjadikan generasi muslim yang senantiasa menjaga Al Qur’an dan mengembangkan ilmu pengetahuan, sehingga tidak hanya sekadar cerdas intelektual tetapi juga spiritual.

Pembicara Seminar Nasional (ki-ka: Akh Syukri, KH Imron Rosyadi, DR. Syafi;i, Akh Kholid )

Pembicara Seminar Nasional (ki-ka: Akh Syukri, KH Imron Rosyadi, DR. Syafi;i, Akh Kholid )

  • Imam Suharjo

    Selamat siang, informasi Seminar Internasional di Jogja tahun 2015 ini di Mercu Buana Yogya. Info lengkap mohon bisa dilihat di :

    Seminar internasional 2015

    Trima kasih