[frame src=”http://iq.uns.ac.id/wp-content/uploads/2014/10/logo-iq1.png” width=”IMAGE_WIDTH” height=”IMAGE_HEIGHT” lightbox=”on” title=”Logo UKM Ilmu Al Quran UNS” align=”right” ]

Hisyam bin Amir pernah bertanya kepada Aisyah Radhiyallahu‘Anha tentang akhlak Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Aisyah menjawab, “Akhlak Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam adalah Al-Qur’an” (HR Muslim)

UKM Ilmu Al Qur’an UNS yang merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa bergerak dalam bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an. Bimbingan membaca al-Qur’an dan perbaikan tilawah al-Qur’an (Tahsin), menghafal al-Qur’an (Tahfidz), fahmil Qur’an, kaligrafi, dan seni membaca al-Qur’an (Qiro’ah) adalah fasilitas yang disediakan untuk memudahkan mahasiswa dalam mempelajari al-Qur’an. Pembentukan pribadi muslim yang diawali dari kebutuhan dasar yaitu al-Qur’an sebagai pedoman hidup akan melahirkan generasi mahasiswa Qur’ani, dimana tidak hanya sebagai kebutuhan rutinitas tetapi juga merupakan tahapan-tahapan menuju pembentukan  mahasiswa muslim yang berkualitas untuk membentengi diri dari pengaruh negatif di ere modern ini.

Berangkat dari asas tersebut UKM Ilmu Qur’an berupaya untuk membangkitkan kembali kepedulian terhadap kualitas belajar Al-Qur’an pada mahasiswa muslim UNS melalui sarana pendidikan dan pembinaan Qur’an. Gebrakan ini awalnya bernama GEMMA (Gerakan Mahasiswa Menghafal Qur’an) yang menginduk dengan UKM JN UKMI dan telah di launching 1 tahun yang lalu oleh Ustadz Yusuf Mansur. Selanjutnya, telah disahkan dengan SK Rektor Nomor : 129/UN27/KM/2014 ditetapkan 13 Feb 2014 dan telah yang diresmikan oleh Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS.