PLENO TENGAH UKM ILMU AL QURAN

Selasa, 14 Juni 2016 UKM Ilmu Qur’an mengadakan rapat pleno setengah keberjalanan kinerja pengurus IQ 2016. Bertempat di Ruang Seminar NHIC, acara dimulai pukul 13.00. Pleno dipimpin oleh dua Pimpinan Sidang yaitu Jaza’ (FK 14) dan Kelvin (FP 15). Perbidang diberi waktu 15 menit untuk mempresentasikan program kerja baik yang terlaksana maupun belum. Serta kendala dan hambatan dalam menjalankan program kerja tersebut. Selain itu juga memaparkan status keaktifan seluru pengurus. Baik PHT maupun staff perbidang itu sendiri. Lalu tanya-jawab dan feedback selama 15 menit juga.
Bidang pertama yang pesentasi adalah Administrasi Keuangan yang dikepalai oleh Musthofa (FP 14). Pertanyaan yang diajukan yaitu mengenai seragam IQ yang mengalami masalah pada kesalahan ukuran. Dan tentu saja mengenai keuangan terutama Kas dan transparasi keuangan IQ. Kedua, Bidang Pendidikan yang dipresentasikan oleh Brian (FP 14). Kepala Bidang tersebut memaparkan mengenai keberlangsungan Sekolah Qur’an yang cukup menuai keberasilan.
Selanjutnya, Qudsi (FMIPA 14) sebagai Kepala Bidang Kaderisasi menyampaikan antusiasme pengurus dalam mengikuti acara kepengurusan mulai berkurang. Seperti pengurus yang jarang ikut halaqoh maupun tidak mengikuti kegiatan upgrading pengurus. Lalu, pandangan ole Ketua Umum UKM IQ mengenai ketiga bidang tersebut. Dzaki (FMIPA 13) memberikan saran dan ulasan untuk permasalahan yang dipaparkan.

Setelah shalat ashar, Huda (FK 15) sebagai Kepala Bidang Sekretaris Umum memulai kembali pleno. Permasalahan yang dibahas mengenai keaktifan dalam surat menyurat dan jadwal piket sekre yang terhenti karena kesibukan mempersiapkan acara besar seperti MTQ. Dilanjutkan Bidang Humas yang disampaikan oleh Kepala Bidang yaitu Hasyim (FIB 14). Masih ada program kerja yang belum terlaksana seperti kunjungan lembaga, diusahakan untuk segera melaksanakannya. Konten dalam mensyiarkan Al Qur’an dan UKM IQ khususnya, perlu ditambah lagi. Yang terakhir adalah Bidang Pelatihan yang dipresentasikan oleh Aufa (FT 15). Kepala Bidang menyampaikan kurang maksimalnya anggota dalam melaksanakan program kerja. Pleno ditutup dengan pandangan Ketum yang terakir.

Beberapa saran yaitu keberasilan program kerja ditentukan bersama, tidak hanya yang oleh bidang yang mempunyai proker itu sendiri. Jadi, perlunya andil dari semua pihak untuk mensukseskan seluruh program di UKM IQ ini. Semoga dengan diadakan pleno ini dapat mengevaluasi seluruh bidang agar program kerjanya dapat terealisasi dengan lebih baik lagi.

(iquns/nn/haa)