MUSYAWARAH KUBRO UNIT KEGIATAN MAHASISWA ILMU QUR’AN UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UKM IQ UNS)

Musyawarah kubro merupakan pengambilan keputusan tertinggi dalam UKM IQ UNS yang diselenggarakan untuk pertama kalinya pada hari Ahad, 30 Desember 2014 di ruang perpustakaan NHIC.

Musyawarah kubro UKM IQ  dimulai pukul 08.00 dan diawali dengan pembukaan oleh saudara Zuhdi Al-Qowwamul Amin, dilanjutkan dengan pemilihan pimpinan sidang, pembacaan laporan pertanggungjawaban (Ketua Umum, Kesekretariatan, Bendahara Umum, bidang pendidikan, bidang pelatihan, bidang humas & litbang, serta bidang kaderisasi), pembagian komisi AD/ART, komisi GBHO, dan komisi mekanisme dan rekomendasi ketua umum UKM IQ 2015, kemudian dilanjutkan dengan penetapan ketua umum UKM IQ 2015, pemilihan tim formatur dan MPO (Majelis Pertimbangan organisasi) dan penutup.

Keberjalanan sidang selanjutnya dipimpin oleh pimpinan sidang 1 yaitu Arvin Afriansyah dan Ali Masyhur sebagai pimpinan sidang 2. Saat laporan pertanggungjawaban ketua umum dibacakan, terdapat banyak pengingatan kepada kami yang sangat menyentuh hati terutama untuk selalu bersemangat menjadi khodimul Qur’an (pembantu al-Qur’an).

Walaupun terdapat beberapa kekurangan dalam pelaporan pertanggungjawaban serta beberapa pelaksanaan kegiatan, namun selanjutnya laporan pertanggungjawaban pengurus UKM IQ UNS 2014 dinyatakan diterima dengansyarat revisi. Adapun terkait struktur organisasi UKM IQ UNS 2015 mengalami perubahan dari struktur organisasi tahun ini, yaitu menjadi :

1. Ketua Umum

2. Wakil Ketua ,merupakan koordinator akhwat

3. Bidang kesekretariatan, salah satu ranah kerjanya adalah pengadaan SOP peminjaman inventaris

4. Bidang keuangan, meliputi penanganan keluar masuknya uang dalam UKM

5. Bidang Pendidikan, meliputi tahsin (perbaikan bacaan Qur’an) dan tahfidz (menghafal Qur’an)

6. Bidang Pelatihan, meliputi pelatihan Qiro’ah, Kaligrafi dan Fahmil Qur’an

7. Bidang Kaderisasi, meliputi penanganan keluarga huffadz UNS dan kepengurusan internal UKM IQ UNS

8. Bidang Humas, meliputi penanganan syi’ar Qur’an melalui media sosial

Data jumlah huffadz 30 juz yang diperoleh dari mahasiswa UNS angkatan 2014 yaitu 6 orang, hal ini menambah jumlah huffadz UNS yang telah tercatat sebelumnya menjadi sekitar 25 mahasiswa. Serta banyak mahasiswa yang memiliki hafalan lebih dari 20 juz. Pembacaan AD/ART dan GBHO selesai pada pukul 16.00 WIB

Selanjutnya adalah mekanisme dan rekomendasi ketua umum, terdapat 4 calon ketua umum yang dicalonkan oleh forum yaitu:
1. Nach Rowi Khoiruddin (Informatika/MIPA/2012)
2. Rendra Mochtar Habibie (Sastra Indonesia/FSSR/2012)
3. Musa Al-Azzam (Pendidikan Dokter/FK/2013)
4. Jundullah Al-Faruqi (Teknik Sipil/FT/2013)
dari ke-empat calon tersebut melalui musyawarah forum, akhirnya ditetapkan saudara RendraMochtar Habibie sebagai Ketua Umum UKM IQ tahun 2015.

“Jika ini sudah menjadi keputusan Allah, semoga Allah ridho” kata Beliau sebelum pengucapan ikrar oleh ketua umum UKM IQ UNS terpilih, serta beberapa patah kata dari beliau yang dapat menguatkan kami untuk terus menggemakan serta mengajarkan al-Qur’an di kampus tercinta ini, Universitas Negeri Sebelas Maret.

Acara selanjutnya yaitu pemilihan tim formatur dan MPO (Majelis Pertimbangan Organisasi). Kemudian acara ditutup pada pukul 17.30 saat menggema suara adzan NHIC.

Semoga Allah meridhoi apa yang kami lakukan, semoga pundak kami selalu dikuatkan oleh Allah, serta semoga keberadaan UKM IQ UNS dapat memberikan manfaat yang lebih banyak. Kehancuran ummat ini adalah karena menjauhnya dari al-Qur’an, begitu pula sebaliknya, kejayaan ummat ini serta ummat sebelumnya adalah karena mengagungkan al-Qur’an.

Generasi Qur’an, Generasi Kejayaan Islam.