Masjid Kampus UNS Luncurkan GEMMA

Masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo siap meluncurkan Gerakan Mahasiswa Menghafal Alquran (GEMMA). Gerakan ini selain untuk mewadahi mahasiswa Bidik Misi penghafal yang tersebar di beberapa fakultas, juga untuk mendorong minat mahasiswa lain yang ingin mahir membaca dan menghafal Alquran.

Untuk menjaga hafalan Alquran beberapa juz yang telah dikuasai para mahasiswa Bidik Misi, perlu ada upaya pemeliharaan. “Melalui wadah GEMMA kami ingin menghimpun mereka agar tetap memiliki aktivitas menghafal Alquran,” jelas Suwarto, sekretaris takmir masjid Nurul Huda, Senin (25/3).

Dalam dua tahun terakhir, UNS memiliki 11 mahasiswa penghafal Alquran. Mereka diterima melalui jalur undangan SNMPTN karena memiliki prestasi hafidz. Tahun ini UNS masih membuka kesempatan bagi penghafal Alquran untuk menjadi mahasiswa, seperti yang beberapa kali disampaikan rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS.

Program peluncuran GEMMA, kata Suwarto, telah dilaporkan pimpinan universitas. Ini program terbaru masjid Nurul Huda sejak diresmikan Mendikbud M Nuh, 11 Maret lalu. “Dalam waktu dekat kami akan mengumpulkan 11 mahasiswa Bidik Misi penghafal Alquran.”

Mereka selain akan ditingkatkan kemapuannya menghafal Alquran juga dilibatkan dalam mendidik mahasiswa yang ingin bisa membaca secara benar sesuai tajwid maupun menghafal Alquran. Sampai kemarin jumlah mahasiswa yang mendafarkan diri sudah 200 orang lebih.

“Target kami bisa merekrut sampai 500 mahasiswa,” kata Suwarto. Sesuai jadwal, GEMMA akan diluncurkan 12 April. Tempat pelaksaan program membaca dan menghafal Alquran ruang kelas yang ada di masjid Nurul Huda.

  • Wafaaur Ruuhi

    Alhamdulillahi bini’matihi tatimus shalihat…