MTQ Jateng 2015

MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Provinsi Jawa Tengah. Pada tahun 2015 ini LPTQ Provinsi Jawa Tengah mengadakan MTQ tingkat mahasiswa ke XXV yang mengusung tema “Dengan MTQ Mahasiswa Perkuat Jalinan Silaturrahmi Menuju Terwujudnya Ummatan Wasatha “. Adanya tema tersebut diharapkan event MTQ bukan hanya sekedar sebagai event kompetisi tigkat mahasiswa, namun sebagai event yang dapat digunakan sebagai forum ilmu untuk mengembangkan dakwah pasca event MTQ.

Perayaan MTQ ke XXV dilaksankan hari jumat pada tanggal 1 Mei 2015 yang dimulai dengan pembukaan MTQ ke XXV oleh Bapak Drs. H. Ahmadi, M.Ag selaku Ketua Umum LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Provinsi Jawa Tengah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan pengarahan gubernur Jawa Tengah yang diwakilkan oleh Bapak H. Rahardjanto Pudjiantoro, S.H., M.T (Kepala Biro Mental Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Tengah). Pembukaan tersebut melambangkan dibukanya event MTQ selama 2 hri kedepan yaitu hari Sabtu-Ahad tanggal 02-03 Mei 2015.

Event MTQ pada tahun ini terdiri dari 3 bidang atau majelis, yaitu majelis tilawah, tahfidz 1 juz & tilawah, serta Musabaqoh Makalah Ilmiyah Al Qur’an (M2IQ). Adapun penilaiannya dibagai menjadi 3 bidang masing-masing dianataranya: majelis tilawah penilaiannya dari sabtu pagi sampai sabtu malam dengan pembagian waktu penilaian yang berbeda-beda tergantung nomor peserta masing-masing dan dilaksanakan di gedung Jeddah. Adapaun majelis tahfidz 1 juz dan tilawah dilaksanakan di gedung Raudhoh dengan urutan  peserta sesuai dengan nomor pendaftaran. M2IQ dilaksanakan di gedung Makkah dimana pelaksanaannya tidak secara bergiliran namun secara serentak peserta menuliskan makalah ilmiyah Al Qur’an selama 9 jam dengan batasan karya maksimal 10 halaman.

MTQ Jateng