Lima tehnik mengamalkan Al-Qur’an

Banyak pertanyaan, bagaiman cara mengamalkan Al-Quran Al-Karim, ini jawabannya langsung dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Ada lima tehnik dalam mengamalkan Al-Qur’an, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah yang diperolehnya dari Jibril as. Lima tehnika itu adalah:

  1.     Haram
  2.     Halal
  3.     Muhkam
  4.     Mutasyaabih
  5.     Amtsaal

Halalkanlah perkara yang halal, haramkanlah perkara yang haram, segera kerjakan ayat-ayat yang jelas hukumnya, Imani ayat-ayat yang belum difahami, ambil pelajaran dari ayat-ayat perumpamaan.

Rasulullah saw, begitu diajarkan oleh jibril as, beliau langsung mengikutinya, ketika suara jibril keras, suara rasulullah juga ikut keras, seperti apa makharijul hurufnya beliau ikuti, sampai kepada tehnik pelaksanaannya. Kalau sudah seperti itu, baru Al-Qur’an bisa muncul sesuai fungsinya.

Jangan mau kalah sama dukun yang sungguh-sungguh mengikuti bacaan dan mantra yang diajarkan oleh setan kepadanya, walau dukun itu sendiri itu tidak memahami apa yang diucapkannya. Tapi terjadi sebuah kedahsyatan walau itu sebuah kejahatan. Tentu orang yang belajar Al-Qur’an itu harus jauh lebih hebat dari para dukun dan tukang santet, selama tetap mengikuti apa yang telah Allah turunkan berupa al-Qur’an.

(http://aqlislamiccenter.com/-Abu Mujahid)