LDK UKM IQ

“Al – Qur’an, mahkota hidupku!” Teriakan semangat yang dipimpin oleh ketua UKM Ilmu Al-Qur’an, Rendra Mochtar Habibie terdengar membahana memenuhi Ruang Seminar Nurul Huda Islamic Centre. Teriakan tersebut juga menandakan dibukanya acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada Jum’at (17/04/2015).

LDK adalah agenda tahunan yang diperuntukkan khusus bagi pengurus UKM IQ, guna menanamkan nilai – nilai dasar dalam berorganisasi dan memupuk rasa kekeluargaan dalam internal pengurus UKM IQ. Acara yang dibuka pada pukul 19.30 ini diiisi oleh Al-Ustadz Zaky Romadhoni, Lc yang membawakan materi “Al – Qiyaadah wa Al – Jundiyah”

Ustadz yang pernah mengenyam pendidikan  di Yaman ini menerangkan bahwa Al – qiyadah berarti kemampuan seorang pemimpin untuk menggerakkan para pengikutnya kepada satu tujuan. Hal ini sangat erat kaitannya dengan salah satu tujuan dari LDK, yakni agar menciptakan satu kepengurusan yang selaras dan menuju satu tujuan, yaitu tegaknya syiar Al – Qur’an.

Selain itu, alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Al – Quran Isykarima  ini menekankan bahwa segala tuntunan untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses telah terangkum dalam jiwa junjungan kita, Nabi Muhammad SAW. “Tidak ada zaman reformasi yang paling sempurna melebihi zaman ketika Rasulullah SAW berdakwah,” tandasnya.

Artinya, dalam masa hidupnya, Rasulullah SAW berhasil menciptakan suatu tatanan kepemimpinan yang luar biasa, sehingga saat beliau wafat, beliau meiniggalkan sistem birokrasi yang hebat. Tidak hanya dari kalangan muslim, apresiasi yang didapatkan Rasulullah SAW juga berasal dari golongan non muslim, seperti tokoh – tokoh barat dan lain sebagainya.

Selain pemberian materi, dalam acara ini juga diadakan pembagian tilawah Al – Quran, satu juz untuk masing-masing pengurus.

LDK hari kedua diawali dengan qiyamul lail berjama’ah, kemudian dilanjutkan dengan tilawah hingga Shubuh. Bakda Shalat Shubuh dan dzikir Al-Ma’tsurot, peserta LDK melakukan olah raga hingga pukul 07.00.

Agenda LDK kemudian dilanjutkan dengan Upgrading Pengurus dan Pengajar UKM Ilmu Qur’an yang diadakan di Ruang Seminar NHIC hingga pukul 11.45.