KONFERENSI ALQURAN MAHASISWA NASIONAL (KQMN) & TABLIGH AKBAR

Bertempat di Universitas Sebelas Maret Surakarta, 23 Safar 1437 H atau 5 Desember 2015, 83 mahasiswa yang berasal dari 29 kampus di Indonesia menyepakati membentuk suatu organisasi bernama Asosiasi Lembaga Alquran Mahasiswa Indonesia yang disingkat ALQUMI. Sesuai dengan namanya, ALQUMI merupakan organisasi kemahasiswaan yang menjadi wadah bagi lembaga Alquran kampus di Inonesia.

Pembentukan ALQUMI merupakan tindak lanjut dari KQMN I di Universitas Negeri Malang pada tanggal 19-20 September 2015. KQMN I diikuti oleh beberapa universitas di Indonesia seperti, Universitas Negeri Malang, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Brawijaya dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta beberapa perwakilan dari perguruan tinggi lainnya.

Dalam hasil musyawarah KQMN II menetapkan Rendra Mochtar Habibie dari Universitas Sebelas Maret sebagai Presiden ALQUMI dan Imam Arifin dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai Wakil Presiden ALQUMI. Deklarasi ALQUMI dilaksanakan bersamaan dengan acara Tabligh Akbar “Mewujudkan Kampus Qurani Seluruh Indonesia” yang dibersamai oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S., Ustadz Yusuf Mansur, dan Ustadz Syihabuddin Abdul Muiz.

IMG_6732

Ustadz Yusuf Mansur saat Tabligh Akbar

IMG_6714

Penandatanganan Piagam Deklarasi oleh Presiden ALQUMI

IMG_6715

Penandatanganan Piagam Deklarasi oleh Wakil Presiden ALQUMI

IMG_6716

Penandatanganan Piagam Deklarasi oleh Rektor UNS

IMG_6718

Penandatanganan Piagam Deklarasi oleh Ustadz Yusuf Mansur

IMG_6719

Penandatanganan Piagam Deklarasi oleh Ustadz Syihabudin

IMG_6853

Perwakilan Delegasi Mahasiswa Indonesia