Konferensi Al Qur’an Mahasiswa Nasional (KQMN) II

Asosiasi Lembaga Alquran Mahasiwa Indonesia (ALQUMI) mengadakan Konferensi Al Qur’an Mahasiswa Nasional (KQMN) yang kedua kalinya pada 30 Maret – 1 April 2018. Dengan agenda utama Musyawarah Nasional dan Tabligh Akbar yang berlangsung di Gedung Amphiteather dan Aula Masjid Al Furqon Universitas Pendidikan Indonesa, Bandung. Acara tersebut dihadiri oleh 33 peserta akhwat dan 74 peserta ikhwan dari 36 kampus di Indonesia.  Read More

UKM Belajar Alquran Intensif (BAQI) UPI menjadi tuan rumah acara yang mengangkat tema “Perkuat Ukhuwah dalam Mewujudkan Kampus Qur’ani” tersebut. Hari pertama dibuka pada pukul 14.00 WIB dengan tilawah. Kemudian sambutan oleh ketua pelaksana, ketua ALQUMI Banjabar, ketua ALQUMI 2015-2017 serta Pembimbing UKM BAQI UPI dan Direktur Kemahasiswaan UPI.

Setelah shalat ashar, Rendra Mochtar Habibie (UNS) selaku Ketua Umum menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban kepengurusan ALQUMI periode 2015 – 2017. Lalu sidang Musyawarah Nasional dimulai oleh presidium terpilih yaitu H. Thoriqil Muqarrobin, S.H (UIN Malang), Muhammad Ali Ashari (Unida Gontor), dan Rinaldi (UMY).

Musyawarah Nasional dilanjutkan pada hari kedua dengan pembahasan AD/ART, Mekanisme Kerja Organisasi (MKO) hingga pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua ALQUMI periode 2018 – 2020. Terdapat 12 calon kandidat dari berbagai kampus. Setelah proses penyeleksian yang cukup ketat, terpilihlah Imam Arifin (UMY) sebagai Ketua Umum dan Muhamad Rafi Anggara (UPI).

Hari terakhir KQMN dihadiri oleh Dr. Udin Supriadi, M.Pd selaku pembimbing UKM BAQI UPI dan Ust. Anwar Sani selaku Pembina ALQUMI untuk memberi sambutan serta nasihat untuk seluruh peserta dalam mewujudkan kampus Qur’ani. Lalu penentuan Majelis Pertimbangan Organisasi dan Koordinator Wilayah. Setelah itu, dilanjutkan dengan taujih yang diisi oleh Ust. Zaky Ahmad Rivai dengan tema “Hijrah”.

Rangkaian akhir dari KQMN II yaitu Tabligh Akbar yang dibuka dengan tilawah oleh dua Qari’ dari Ammar TV, yaitu Mochammad Ridwanullah dan Istihsan Arif Al-Fudaily. Selanjutnya Ustadz Anwar Sani selaku Pembina ALQUMI membacakan hasil KQMN II sekaligus melantik kepengurusan ALQUMI periode 2018 – 2020. Pelantikan juga disaksikan oleh gubernur NTB, Dr. H. Muhammad Zainul Majdi, M.A yang merupakan pembicara pada Tabligh Akbar tersebut.

Berikut kami lampirkan dokumentasinya:

Share