Grand Opening Sekolah Quran UNS 2016

Ahad, 13 Maret 2016. UKM Ilmu Al-Quran UNS mengadakan Grand Opening Sekolah Quran (SQ UNS) yang akan dimulai pekan ini. Acara dimulai pukul 09.00 WIB karena sebelumnya peserta harus melakukan registrasi. Tasmi’ oleh Misbahul Arifin (FKIP/PLB 2015). Lalu sambutan oleh Brian Fikri Hidayat  (FP 2014) selaku Kabid Pendidikan, yang menghimbau kepada semua peserta SQ sebanyak kurang lebih 500 orang untuk meluruskan niat belajar Al-Quran karena Allah Ta’ala.

Selanjutnya sambutan ketua UKM IQ 2016, Dzaki Aminudin (MIPA 2013). Yang memberikan semangat untuk istiqomah belajar Al-Quran meskipun banyak rintangan membentang, mensyukuri nikmat iman dan ihsan yang digerakkan hatinya untuk menjaga Al-Quran. Jika ada yang down maka sudah kewajiban untuk saling menguatkan dan mengingatkan. Sekolah Quran sebagai fasilitator untuk mewujudkan UNS menjadi lembaga akademisi yang teraplikasikan Al-Quran. “Jangan meninggalkan Al-Quran”, nasihat beliau.

Lalu penyampaian materi oleh Ustadz Asep Maulana, Al-Hafizh, pengajar di Pondok Pesantren Isy Karima, Karanganyar. Dalam kesempatan kali ini, Ustadz Asep membahas tentang Al-Quran sebagai mu’jizat. Yaitu sesuatu yang Allah berikan kepada Rasulnya untuk mengalahkan obsesi atau dominasi manusia pada zamannya. Dan dengan segala obsesi umat Muhammad mengenai kedokteran, teknologi, keidupan, ilmu, pemikiran, dan lain sebagainya, Al-Quran dapat menjawab semuanya. Al-Quran telah menjelaskan bahkan untuk yang belum terjadi di masa depan. Memberikan konsep hidup yang begitu sempurna, yaitu apabila diberi cobaan, akan bersabar dan apabila diberi kenikmatan maka ia akan bersyukur. Menggunakan Al-Quran sebagai cara pandang hidup karena Al-Quran lah yang dapat menjawab semua permasalahan manusia.

Hingga pukul 10.30 WIB, para peserta maupun pengurus Sekolah Quran ini mendapat suntikan untuk memantapkan diri dengan Al-Quran. Mempelajari, mentadabburi, dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu diakhir acara, ada pengarahan mengenai hak dan kewajiban peserta SQ UNS yang telah disetujui oleh pihak yang bersangkutan, yaitu tempat dan waktu pelaksanaan, maupun teknis pembelajaran. [nn/iquns]