Camping Qur’an 9

Camping qur’an kembali hadir menyambut bulan Ramadhan yang mulia, hasil kerjasama antara UKM Ilmu Qur’an UNS, Takmir Masjid Nurul Huda UNS, dan juga Jaringan Rumah Qur’an Haramain di Masjid Nurul Huda UNS. Agenda ini memfasilitasi bagi siapa saja yang ingin memperbaiki bacaan, memperbagus bacaan, muroja’ah hafalan, melancarkan bacaan, menambah hafalan, maupun untuk menghafalan 30 juz Al Qur’an. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk menuju UNS yang Qur’ani. Karena Generasi Qur’an adalah Generasi Kejayaan Islam.

Kegiatan ini direspon baik masyarakat terlihat dari antusias ke-68 peserta yang hadir pada Jumat (29/5) malam. Peserta yang telah selesai registrasi, segera memenuhi ruang seminar untuk acara pembukaan dan tausiyah dari Ustadz Rudi Hartanto, S.Pdl. Selanjutnya pembagian kelompok halaqoh. Sedangkan agenda menghafal, menyetorkan hafalan, maupun memperbaiki bacaan dilakukan pada Sabtu (30/5) hingga Ahad (31/5) sore.  Peserta juga mengikuti kajian tafsir pagi bersama Ustadz Tamim Azis, Lc.

Berikut ini sedikit tausiyah Ustadz Rudi Hartanto, Alhafidz dari pihak Haramain sebagai penutup serangkaian acara, “Alhamdulillah, Camping Qur’an ini peserta senantiasa memperdalam interaksi dengan Qur’an. Karena dengan inilah kita bisa dinaikkan derajatnya oleh Allah. Maka ini adalah fadhilah dari Allah, melalui program Camping Qur’an ini adalah untuk menaikkan kualitas diri kita masing-masing di hadapan Allah dan di hadapan para makhlukNya. Oleh karenanya, bersyukur sekali kita bisa menyelenggarakan agenda ini. Camping Qur’an juga merupakan bentuk upaya kita untuk mengupgrade diri sebelum memasuki bulan Ramadhan. Supaya lebih siap lagi menghadapi bulan Ramadhan dan lebih siap lagi untuk bisa mengkhatamkan Al Qur’an dibulan Ramadhan. Selain itu Camping Qur’an ini bisa menjadi ajang untuk membuat sebuah komunitas Qur’an. Supaya bisa saling memotivasi menghafal Al Qur’an dan berlomba-lomba dalam beramar ma’ruf nahi munkar.”

Sebagai apresiasi bagi peserta terbaik, masing-masing mendapatkan hadiah. Untuk Camping Qur’an ke-3 ini, peserta terbaik dikategorikan menjadi 3 kategori : kategori muroja’ah terbanyak, hafalan terbanyak, dan tahsin terbaik. Alhamdulillah, Camping Qur’an kali ini mengalami kemajuan daripada sebelumnya, dari segi hafalan maupun muroja’ahnya. Untuk kategori peserta dengan muroja’ah terbanyak oleh Adam Abdullah (1 juz) dan Kristanti Khodijah (30 juz). Untuk kategori peserta dengan hafalan terbanyak oleh Bapak Tamam Husni (4 ½ lembar) dan Nafisah (26 lembar). Sedangkan untuk kategori peserta dengan tahsin terbaik oleh Fahri Fardiansyah dan Nabiela Tiarasari.

10572038_1433343906974247_5321381226972394581_o